Mengenal Teknologi LCD Pada TV Dan Handphone

Perkembangan smartphone di TV sangat pesat terutama pada layarnya. Hal ini bisa Anda lihat bahwa di zaman sekarang banyak sekali teknologi modern layar elektronik yang bisa ditemui. Meskipun demikian, layar LCD masih menjadi jenis layar yang banyak digunakan dalam elektronik di zaman sekarang ini. Lalu apa sebenarnya layar LCD itu? Untuk dapat mengenal teknologi LCD pada TV dan handphone di artikel ini akan membahas mengenai pengertian layar LCD, fungsi layar LCD, serta kelebihan dan kekurangan dari layar LCD. 

Maka dari itu silakan simak baik-baik uraian berikut ini.

Pengertian layar LCD

Untuk mengenal teknologi LCD pada TV dan handphone lebih lanjut maka anda harus terlebih dahulu mengetahui pengertian tentang layar LCD. 

LCD atau Liquid Crystal display merupakan salah satu jenis layar yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media reflektifnya. 

Jenis layar ini biasanya digunakan di berbagai macam produk elektronik seperti misalnya smartphone televisi, laptop, dan kalkulator.  Meskipun jenis layar ini termasuk teknologi layar yang tua, namun penggunaan LCD masih cukup mendominasi dalam berbagai barang elektronik. 

Anda perlu mengetahui bahwasanya monitor LCD berwarna yang kerap ditemui di berbagai macam barang elektronik ini, memiliki jumlah pixel yang banyak hingga puluhan ribu. 

Pixel merupakan unit terkecil dari LCD itu sendiri. Layar LCD ini memang merupakan salah satu teknologi tampilan hitam, yang mana ia memiliki struktur molekul polar dan juga dapat membentuk gambar pada permukaan datarnya dengan menyinari Liquid Crystal dan juga filter warna yang terdapat di antara 2 elektroda transparan. 

Akan tetapi, Liquid Crystal ini tidak dapat memancarkan cahaya secara langsung. Sehingga ketika medan listrik digunakan molekul yang ada di LCD akan menyesuaikan posisinya di dalam medan dan kemudian membentuk struktur kristal yang akan mempolarisasi cahaya yang melewatinya. 

LCD ini kerap disebut sebagai tampilan layar yang hemat energi dibandingkan dengan model CRT. Penggunaan konsumsi daya yang rendah oleh layar LCD, dapat membuat baterai bisa bertahan lebih lama. 

Layar LCD ini tidak menggunakan yang namanya fosfor dan juga tidak mempunyai Image Burn in, sehingga jenis layar yang satu ini, dapat menampilkan gambar yang lebih halus dan juga lebar dibanding dengan layar model CRT.

Setiap pixel yang ada di dalam layar LCD, terdiri atas lapisan molekul-molekul yang mana lapisan tersebut ditempatkan di antara dua elektroda transparan dan juga 2 filter polarisasi.  

Dari awalnya muncul hingga sekarang, layar LCD telah mengalami banyak evolusi yang dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis.

Itulah sedikit pengertian LCD agar anda dapat mengenal teknologi LCD pada TV dan handphone.

Fungsi LCD

Setelah membahas pengertian LCD untuk mengenal teknologi LCD pada TV dan handphone di atas, maka anda juga perlu mengetahui fungsi dari LCD itu sendiri. Apa saja fungsinya?

Fungsi layar liquid Crystal ini adalah untuk menampilkan data karakter serta grafik. LCDini memiliki karakteristik yang tipis sedikit panas namun memiliki resolusi gambar yang tinggi. 

Layar LCD memang digunakan di berbagai macam bidang elektronik terutama pada perangkat elektronik seperti misalnya layar TV, layar handphone, laptop komputer, notebook, dan masih banyak lagi layar yang mengandalkan jenis layar LCD ini untuk disematkan pada elektronik tersebut. 

Hampir setiap teknologi yang membutuhkan layar menggunakan layar LCD. Dalam pembuatan layar Liquid Crystal Display ini menggunakan teknologi logika CMROS yang mana ini tidak menghasilkan cahaya. Namun layar Liquid Crystal ini bisa memantulkan cahaya di sekitar. 

Bahan untuk membuat layar Liquid Crystal ini terdiri atas campuran organik antara elektroda indium oksida transparan dengan Lapisan kaca transparan.  

Layar LCD 16×2 merupakan layar yang berupa lapisan elektroda pada kaca belakang dan dapat membentuk keterampilan sebanyak 7 segmen. Ketika nantinya elektroda tersebut terkena medan listrik atau teraliri tegangan mereka akan diaktifkan dan kemudian molekul organik silinder panjang akan masuk ke dalam elektroda dari segmen mereka.

Kelebihan dan kekurangan LCD

Setelah mengenal teknologi LCD pada TV dan handphone serta fungsinya sekarang ada juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan LCD. 

  • Kelebihan

Kelebihan dari layar Liquid Crystal display ini yakni layar ini hanya membutuhkan tekanan yang tidak banyak. Selain itu, layar non silau yang ada pada LCD ini merupakan layar ideal untuk ruangan yang memiliki banyak jendela.  Harga layar LCD juga lebih terjangkau dan murah.  

  • Kekurangan LCD

Sedangkan untuk kekurangannya LCD ini merupakan layar yang memiliki warna gelap atau hitam. Kecerahan illuminance dan kecerahan tidak akan muncul sama persis pada layar.  

  • Selain itu kelemahan yang dimiliki oleh layar LCD memiliki risiko terlihat kontras rendah.  

Meskipun memiliki kekurangannya namun layar LCD ini tetap memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada kekurangan yang dimiliki oleh Liquid Crystal Display.  Hal inilah yang kerap membuat banyak orang lebih memilih layar LCD dibanding dengan jenis layar yang lainnya. 

Semoga penjelasan di atas dapat membantu anda untuk mengenal teknologi LCD pada TV dan handphone dengan mudah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *