Mengenal Software CRM untuk Marketing

Menurut Bonanza88, sulit membayangkan hidup hari ini tanpa aplikasi kontak di ponsel Anda. Nomor telepon cukup sulit untuk diingat, apalagi email dan alamat untuk semua orang yang Anda kenal. Sekarang, yang harus kita lakukan hanyalah mengatakan Siri, “telepon Bob.”

Namun, ternyata Anda memerlukan lebih banyak bantuan dengan kontak dalam hal bisnis Anda, dan aplikasi kontal di ponsel saja takkan cukup.

Selain nama, nomor telepon, dan alamat, Anda perlu melacak produk yang diminati orang, layanan apa yang mereka beli dari perusahaan Anda, perusahaan tempat mereka bekerja, preferensi mereka dan banyak lagi.

Itulah mengapa Anda memerlukan CRM, sebuah aplikasi manajemen hubungan pelanggan.

Apa Itu CRM

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. Aplikasi CRM adalah alat yang memungkinkan Anda untuk mengatur info kontak dan mengelola hubungan Anda dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan, klien, dan kontak lainnya. Ini adalah versi modern dari Rolodex kuno.

CRM adalah alat revolusioner untuk bisnis di semua industri. Alih-alih mencari-cari informasi dari berbagai sumber seperti buku kontak, spreadsheet atau platform yang berbeda, CRM berfungsi sebagai satu sumber data utama untuk operasi penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan Anda.

Aplikasi CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan calon pelanggan, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan dan mengelola kampanye pemasaran. Semua hal tersebut akan berada di satu lokasi yang terpusat.

Ini juga akan membuat semua informasi tentang setiap pelanggan dan calon pelanggan serta interaksi yang sudah terjadi bisa diakses oleh siapa saja di perusahaan Anda yang membutuhkannya.

Dengan visibilitas dan akses mudah ke data, lebih mudah untuk berkolaborasi dan meningkatkan produktivitas. Semua orang di perusahaan Anda dapat melihat bagaimana pelanggan telah dikomunikasikan, apa yang telah mereka beli, kapan terakhir kali mereka membeli, apa yang mereka bayar, dan banyak lagi.

CRM dapat bermanfaat bagi semua ukuran bisnis untuk mendorong pertumbuhan usaha mereka. Aplikasi ini terutama dapat sangat bermanfaat bagi bisnis kecil dan baru, di mana mereka sering kali perlu menemukan cara untuk berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit sumber daya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan CRM?

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu CRM, Anda mungkin telah memutuskan bahwa sistem CRM mungkin diperlukan di masa depan perusahaan Anda. Pertanyaan logis berikutnya adalah kapan?

Banyak perusahaan rintisan dan usaha kecil memulai hanya dengan menyimpan prospek mereka di alat pemasaran email dan daftar pelanggan mereka di spreadsheet (microsoft escel).

Memang, itu dapat berfungsi dengan baik untuk sementara waktu. Tetapi pada titik tertentu, memakai spreadsheet saja akan mulai terasa mulai kurang efisien untuk mengelola data pelanggan yang semakin bertambah. Terutama bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis mereka, akan sulit untuk melacak semuanya.

Apalagi bila Anda menyimpan informasi Anda di tempat yang berbeda. Terkadang, bahkan sering, itu dapat menyebabkan perbedaan antara database yang berbeda. Sesuatu yang sederhana seperti seseorang yang lupa memperbarui satu spreadsheet dapat memperlambat tim Anda saat mereka mencoba menggabungkan semuanya.

Informasi kunci yang terpisah dalam spreadsheet berbeda juga dapat mempersulit Anda dan tim untuk memvisualisasikan bagaimana kontak atau perusahaan yang berbeda terhubung.

Dengan perangkat lunak tradisional (excel, acces dan lainnya), Anda tidak memiliki opsi untuk memperbarui informasi secara real time, terintegrasi dengan aplikasi favorit Anda, atau melacak bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan situs web Anda.

Namun, dengan CRM, semua itu Anda bisa lakukan. CRM juga dapat membantu masalah SDM, seperti karyawan yang keluar.

Tanpa CRM, Anda mengandalkan tenaga penjualan untuk menutup transaksi terbuka mereka dan ingat untuk memperbarui komunikasi tidak tertulis apa pun. CRM menghilangkan kemungkinan eror manusia dari proses ini.

Aplikasi ini juga akan menghemat waktu semua orang dengan menyimpan semua data dan memungkinkan rekan tim berikutnya untuk mengambil alih tanpa perlu kehilangan langkah.

Singkatnya, menurut Bonanza88, jawaban untuk sebagian besar perusahaan cukup sederhana. Meskipun Anda mungkin bisa bertahan untuk sementara waktu tanpa sistem CRM, mengadopsinya lebih cepat seringkali lebih baik daripada menunggu sampai Anda merasakan kerugian dari sistem lama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *