Guys, Ini Dia Cara Ampuh Atasi PC Lemot !

Komputer dan laptop merupakan perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan bagi siapa saja. Khususny bagi mahasiswa dan karyawan untuk mengerjakan tugas yang diberikan dengan cepat dan praktis.

Saking banyaknya tugas sampai-sampai harus begadang seharian mengejar deadline. Kondisi komputer dan laptop pun ‘dipaksa’ bekerja. Nah sialnya, saat dikejar waktu perangkat elektronik ini mendadak lemot alias lambat.

Kalau sudah begitu, pasti Anda dibuat kesal bukan ?

Salah satu alasan kenapa komputer atau laptop lemot lantaran adanya penurunan performa. Dimana, selain karna digunakan terus-terusan bisa juga karena terlalu banyak menyimpan data sehingga kapasitas penyimpanan semakin berkurang.

Biasanya, cara instan yang kerap dilakukan ketika komputer lemot yakni dengan restart ulang. Ada juga dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan kegunaannya. 

Meski begitu, cara diatas terkadang tak berhasil. Komputer dan laptop masih saja lemot. Namun demikian, Anda jangan khawatir karena Bonanza88 akan memberikan cara ampuh yang lebih optimal.

Penasaran kan ? kalau begitu simak artikel ini sampai habis dan langsung praktik di komputer dan laptop kesayangan jika terjadi lemot.

  • Cek Komputer dari Virus

Langkap pertama yang Anda perlu lakukan yakni mengecek komputer Anda dari virus atau malware. Pasalnya, komputer atau laptop yang sudah terinfeksi virus bisa membuat berat kinerjanya. 

Apalagi saat ini banyak jenis virus anyar yang bisa menyusup ketika Anda mendownload aplikasi di internet yang tak kredibel. Anda yang tak sadar bisa menyebabkan komputer dan laptop menjadi lemot.

Oleh karena itu,  Anda wajib install aplikasi anti virus pada komputer dan laptop kesayangan. Saat ini banyak anti virus terbaik yang bisa di download baik berbayar hingga gratisan.

Semisal, anti virus dengan kredibilitasi terbaik seperti Avast, Smadav, Kasperskya dan lain sebagainya. Sebaiknya disarankan untuk menggunakan versi berbayar agar memberikan proteksi virus lebih maksimal.

  • Hapus File Sampah di Media Penyimpanan

Mungkin selama ini Anda belum sadar banyak menyimpan file-file sampai di media penyimpanan komputer/ laptop.

File sampah di sini biasanya sisaan dari perkerjaan sebuah aplikasi. File sampah juga hadir dari berbagai media yang Anda hapus sebelumnya serti file doc, foto, video, lagu dan sebagainya.

Dimana, file ini akan tetap tersimpan di komputer/ laptop meski Anda sudah menghapusnya. Kalau sudah begitu bagaimana menghapusnya ?

Untuk bisa benar-benar menghapus file sampah, Bonanza88 berikan cara singkatnya. Pertama, hapus folder %temp%.

Untuk mencari folder %temp%, Anda cukup menekan pada keyboard Windows + R dan akan muncul kotak bernama ‘Run’.

Kemudian dalam kotak ketik %temp% (tanpa tanda kutip) dan tekan Ok. Setelah ini akan muncul otomatis sebuah folder berisi file sampah yang selama ini Anda hapus.

Lalu hapus semua file tersebut dan klik kanan pada mouse. Pilih opsi delete dari beberapa sub pilihan. Inilah yang membuat komputer/ laptop Anda lemot.

  • Cek Kondisi Hard Disk

Biasanya permasalahan hardisk yang lazim ditemukan menyangkut seputar hardusk low space, fragmentasi hingga error/bad sector. Banyaknya penumpukan temporary file di hard disk juga menyebabkan performa lemot.

Jika Anda sudah mengecek kondisi hard disk namun masih lemot tak ada salahnya Anda mengganti dengan baru. Pasalnya komputer/laptop memiliki batasan umur pakai.

Apabila komputer dan laptop sudah tua maka jelas akan mempengaruhi performa kecepatan secara keseluruhan. 

  • Jangan Buka Aplikasi Terlalu Banyak

Ketika Anda sedang menjalankan sebuah aplikasi yang cukup berat seperti corel draw, adobe photoshop dan sebagainya usahakan jangan membuka aplikasi lain saat bersamaan.

Ini karena ketika menjalankan aplikasi berat secara bersamaan akan membuat RAM komputer bekerja keras untuk mengelola seluruh ruang yang dimiliki. Ini jelas akan membuat RAM terbebani dan membuat lemot.

  • Update Windows 

Anda jangan ketinggalan update windows komputer/ laptop agar performa kinerja tetap maksimal. Ini karena setiap tipe terdapat bug yang perlu diperbaiki.

Pasalnya, melakukan update sistem windows dapat membuat sejumlag bug diperbaiki secara otomatis. Dengan begitu, komputer Anda tidak lagi berjalan lemot.

Leave a comment